Keamanan, Sebuah Impian atau Kenyataan?

Rasa aman dan tentram merupakan dambaan setiap manusia dalam hidup bermasyarakat. Aman dr segala ancaman ataupun gangguan, baik yg mengakibatkan kerugian materiil maupun non materiil, terlebih di Bulan Ramadhan seperti sekarang ini, tidak hanya masyarakat yg beragama islam ingin melaksanakan ibadah puasa dengan khusyu`, tapi seluruh masyarakat mendambakan hal tersebut.

Kejahatan nampaknya tidak pandang bulu dan tidak kenal waktu, pelaku kejahatan mengincar korbannya disaat lengah untuk menjadi sasarannya. Beberapa kali dimuat dimedia tentang adanya kejadian khususnya pencurian yang menimpa masyarakat, baik itu pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan pemberatan atau pencurian yang disertai dengan kekerasan.
Polres Pangkalpinang telah berupaya untuk menekan peluang/kesempatan pelaku kejahatan melakukan aksinya, dengan digelarnya Patroli baik Patroli sepeda motor maupun patroli mobil yang dilaksanakan pada jam dan tempat yang rawan kejahatan tersebut. Patroli dilaksanakan baik siang dan malam yang dilaksanakan baik oleh Polres Pangkalpinang maupun polsek jajaran Polres Pangkalpinang.
Tidak hanya patroli, upaya mengingatkan atau menghimbau masyarakat agar selalu menjaga keamanan dilingkungan maasyarakat juga dilakukan seperti seorang penjual es bon-bon yang berteriak menyampaikan pesan-pesan kamtibmas seperti mengunci pintu, mengunci kendaraan bermotor, memasukkan kendaraan bermotor ke dalam rumah, dan lain sebagainya, yang bertujuan agar masyarakat selalu diingatkan untuk selalu waspada.
Dalam menjalankan ibadah seperti sholat tarawih juga dilakukan pengamanan baik oleh personil Polres pangkalpinang dan polsek jajaran, hal ini tentu saja untuk membuat rasa aman dan nyaman dalam beribadah.
Namun, upaya itu tentu saja harus didukung dari berbagai pihak, khususnya masyarakat, masyarakat juga harus berperan dalam menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggalnya. Sistem pengamanan yg masih menjadi unggulan sampai saat ini adalah Siskamling, selain sistem pengamanan yg baik, siskamling ini juga merupakan salah satu perekat dimasyarakat untuk saling open antar sesama penghuni suatu lingkungan, saling peduli dengan tetangga, namun seperti halnya kota Pangkalpinang, siskamling ini sudah menjadi barang langka, sulit menjumpai pemukiman warga yg menerapkan sistem ini, dengan berbagai alasan, salah satunya kesibukan pekerjaan.
Sebenarnya ini dapat disiasati dengan cara patungan/sumbangan untuk mengupah beberapa orang untuk menjaga lingkungannya, selain memberi pekerjaan terhadap orang/pemuda yg menganggur, pengamanan lingkungan juga akan terjaga. Disini diperlukan peran aktif dari tokoh masyarakat ataupun perangkat desa untuk mengajak masyarakatnya secara bersama-sama bertanggung jawab terhadap keamanan yang dimulai dari lingkungannya.
Selain upaya menjaga kemanan dilingkungan tersebut, masing-masing masyarakat juga agar turut serta menjaga harta bendanya, seperti jika memarkir kendaraannya dilengkapi dengan kunci tambahan, ataupun kunci motor dicabut dari kendaraannya, jangan hanya karena merasa cuma sebentar, ataupun ada petugas polri yang menjaga, maka kunci motor dibiarkan tergantung di kendaraannya, seperti kejadian beberapa waktu lalu ada masyarakat yang melapor kehilangan sepeda motornya, setelah ditanya oleh petugas dimana kunci motornya, ternyata kunci dibiarkan tergantung di motornya.
Ataupun ada contoh lain, masyarakat yang melapor tentang kehilangan dompet yang diletakkan di keranjang/box motornya yang ditinggal membeli takjil atau makanan untuk berbuka puasa, dengan alasan cuma sebentar, hal ini tidak hanya memuluskan niat dari pelaku kejahatan, tapi juga memberikan kesempatan terhadap pelaku untuk melakukan aksi kejahatannya.

Untuk itu mari sama-sama kita menjaga keamanan dilingkungan kita masing-masing yang kita mulai lingkungan diri kita sendiri dan terdekat dengan kita, Insya Allah dengan kemauan dan kepedulian kita, kondisi aman yang sama-sama kita dambakan akan terwujud.

Tentang Griya PMI Asri

Perumahan Griya PMI Asri Desa Cikahuripan Kecamatan Klapanunggal RW 14 Jawa Barat - Bogor
Pos ini dipublikasikan di Pmi Asri. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s