Daftar jamsostek Perorangan???

Bisa Lho… Sekarang Jamsostek ada 2 program

1. Program Umum (bagi tenaga kerja perusahaan)
2. Program Khusus ( TL – LHK) = Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja, seperti Tukang baso, tukang ojek, freelance seperti saya dll. Ini tentang Tk – LHK klik

Baru saja saya selesai mengurus persyaratan membuat jamsostek, awalnya saya pikir akan dipersulit atau ngejlimet tapi ternyata mudah kok. Saya mendaftar ke Jamsostek cabang Bogor. Disana saya diarahkan ke bagian Pemasaran. Kemudian saya dijelaskan oleh salah seorang petugas jamsostek mengenai apa itu jamsostek perorangan. Katanya ciii fasilitas yang didapat kan sama dengan jamsostek program Umum. (yahh kita lihat saja nanti)hee.

Jamsostek sendiri ada 4 jaminan
1. Jaminan Kematian (Duhh seremm juga sih kalau ikut yang ini)
2. Jaminan Kecelakaan Kerja (Wahh hati2 deh kerjanya kan ada ci Nadhifa cintik)
3. Jaminan Hari Tua (itu semacam tabungan)
4. Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (ini nich yang saya mau, lumayan buat periksa gigi..heehee)

Petugas jamsostek menjelaskan bahwa yang no 1 dan 2 itu wajib diambil. Ya sudah saya ambil no 1, 2, dan 4. No 3 saya pikir bisa nabung di bank syariah saja lah..hee

Persyaratannya adalah:
karena saya adalah guru freelance yang ngajr les-les private pribadi jadi yang saya butuhkan SKU (Surat Keterangan Usaha) dari Kelurahan tempat saya tinggal. Mudah kok mengurusnya tinggal datang Ke Rt setempat dan langsung ke kelurahan nanti dibuatakan SKU yang isinya bahwa saya mempunyai usaha Les Private dan surat ini digunakan sebagia persyaratan membuat Jamsostek” ya begitu kira2 isinya.
kemudian Foto Copy KTP, KK, n pas pfoto 2 x 3 sebanyak 1 lembar.

No Program Persentase
1. Jaminan Kecelakaan Kerja 1%
2. Jaminan Hari Tua 2% (Minimal)
3. Jaminan Kematian 0.3%
4. Jaminan Pemeliharaan Kesehatan 6% (Keluarga)
3% (Lajang)

Yang saya ambil adalah no 1, 3 dan 4 jadi besar iyurannya yang saya bayarkan dengan upah standar kab. Bogor Rp. 1.250.000 adalah Rp. 98.550 tuhh gak sampe 100.000 kan… untuk hitung-hitungannya datang saja langsung ke kantor Jasostek terdekat nanti akan diberikan penjelasan sejelas-jelasnya…

Info ini dimaksudkan untuk yang ingin membuat jamsostek secara pribadi dan masih bimbang, semoga info ini bermanfaat.😀

Tentang Griya PMI Asri

Perumahan Griya PMI Asri Desa Cikahuripan Kecamatan Klapanunggal RW 14 Jawa Barat - Bogor
Pos ini dipublikasikan di Jamsostek/BPJS. Tandai permalink.

2 Balasan ke Daftar jamsostek Perorangan???

  1. marindra berkata:

    lihat saldo jamsostek

  2. marindra berkata:

    oke terimah kasih ditunggu info pak

Tinggalkan Balasan

